Apa Itu Torrent dan Bagaimana Cara Kerja nya ?

2 3

Apa Itu Torrents dan Bagaimana Cara Kerja nya ? – Torrents adalah metode pendistribusian file melalui internet. Mereka beroperasi melalui protokol BitTorrent untuk memfasilitasi apa yang disebut berbagi file peer-to-peer (P2P).

Ada sejumlah keuntungan dari berbagi file berbasis torrent dibandingkan dengan berbagi file tradisional. Peralatan server yang mahal tidak diperlukan untuk mengirim file ke banyak orang sekaligus, dan jaringan dengan bandwidth rendah (lambat) dapat dengan mudah mengunduh kumpulan data yang besar.

Cara paling umum untuk menggunakan torrent adalah melalui file khusus yang menggunakan ekstensi file .TORRENT. Di dalam file tersebut terdapat petunjuk tentang cara berbagi data tertentu dengan orang lain.

Apa Itu Torrent dan Bagaimana Cara Kerja nya ?

Torrent Bisa Berbahaya

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja torrent, sangat penting untuk dipahami bahwa torrent juga menimbulkan risiko yang lebih besar dibandingkan bentuk berbagi file lainnya.

Torrent tidak berbahaya untuk digunakan atau dibuat, tetapi penting untuk diingat bahwa kecuali Anda dapat mempercayai sumbernya, terlalu mudah untuk secara tidak sengaja mengunduh file yang tidak diunggah dengan izin yang tepat atau bahkan mengunduh file yang terinfeksi malware.

Jika Anda tertarik menggunakan torrent untuk berbagi file Anda sendiri atau untuk mengunduh file besar dari orang lain, tetap aman dengan program antivirus dan hanya unduh torrent dari pengguna yang Anda percayai.

Cara Kerja Torrent

Ini semua mungkin terdengar sedikit membingungkan tetapi idenya sebenarnya cukup sederhana. Torrent, seperti yang Anda baca di atas, bergantung pada jaringan peer-to-peer. Ini berarti bahwa data torrent, apa pun itu, dapat diakses dari lebih dari satu server sekaligus. Siapa pun yang mengunduh torrent mendapatkannya dalam potongan-potongan dari server lain.

Misalnya, bayangkan jika saya membuat torrent untuk membagikan program yang saya buat. Saya mengaktifkan torrent dan membagikan file secara online. Lusinan orang mengunduhnya, dan Anda salah satunya. Program torrent Anda akan memilih dan memilih server mana untuk mengambil file tergantung pada siapa yang saat ini membagikannya dan server mana yang memiliki bagian dari file yang saat ini Anda butuhkan.

Dalam pengaturan berbagi file tradisional yang menggunakan server file, berbagi program 200 MB kepada 1.000 orang akan dengan cepat menghabiskan semua bandwidth unggahan saya, terutama jika mereka semua meminta file sekaligus. Torrents menghilangkan masalah ini dengan membiarkan klien mengikis sedikit data dari saya, sedikit dari pengguna lain, dan seterusnya sampai mereka mengunduh seluruh file.

Setelah lebih dari satu orang mengunduh seluruh file, pembagi asli dapat berhenti mendistribusikannya tanpa memengaruhi orang lain. File tersebut akan tetap tersedia untuk pengguna torrent lainnya karena fondasi P2P BitTorrent yang terdesentralisasi.

Bagaimana torrent di Distribusikan ?

Setelah torrent dibuat, pembuatnya dapat membagikan salah satu dari dua hal: file .TORRENT atau hash torrent yang sering disebut tautan magnet.

Tautan magnet adalah cara sederhana untuk mengidentifikasi torrent di jaringan BitTorrent tanpa harus berurusan dengan file TORRENT. Ini unik untuk torrent tertentu itu, jadi meskipun tautannya hanya serangkaian karakter, itu sama baiknya dengan memiliki file.

Tautan magnet dan file TORRENT sering kali terdaftar di indeks torrent, yang merupakan situs yang dibuat khusus untuk berbagi torrent. Anda juga dapat membagikan informasi torrent melalui email, teks, dll.

Karena tautan magnet dan file TORRENT hanyalah petunjuk bagi klien BitTorrent untuk memahami cara mendapatkan data, membagikannya dengan cepat dan mudah.

Ketentuan Umum Torrent

Berikut beberapa istilah berguna untuk diketahui jika Anda berencana menggunakan torrent:

  • Seed : to seed berarti membagikannya. Jumlah benih torrent adalah jumlah orang yang berbagi berkas lengkap. Biji nol berarti tidak ada yang dapat mengunduh seluruh file.
  • Peer: Peer adalah seseorang yang mendownload file dari seeder tetapi belum memiliki file lengkapnya.
  • Leech: Leechers mengunduh lebih banyak daripada yang mereka unggah. Seorang leecher mungkin malah tidak mengunggah apa pun setelah file lengkap diunduh.
  • Swarm: Sekelompok orang mengunduh dan berbagi torrent yang sama.
  • Tracker: Server yang melacak semua pengguna yang terhubung dan membantu mereka menemukan satu sama lain.
  • Client: Program atau layanan web yang digunakan oleh file torrent atau tautan magnet untuk memahami cara mengunduh atau mengunggah file.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *