Cara Mengatasi Packet Loss Pada Jaringan

mengatasi packet loss

Cara Mengatasi Packet Loss Pada Jaringan – Packet loss terjadi ketika koneksi jaringan kehilangan informasi saat sedang transit. Ini dapat membuat koneksi Anda tampak lebih lambat dari yang seharusnya dan mengurangi keandalan komunikasi jaringan dengan perangkat lokal dan jarak jauh. Mengetahui cara menghentikan kehilangan paket harus menjadi prioritas utama bagi siapa pun yang ingin meningkatkan jaringan yang bermasalah.

https://www.lifewire.com/thmb/18vuYCWbEzbH_6WkzUfxIwNRGc4=/2121x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc():format(webp)/GettyImages-1020592338-b8a8145bed6941ddb1c1f7241e41f36c.jpg

Penyebab Packet Loss

Packet loss tidak terjadi hanya karena satu alasan. Mendiagnosis penyebab hilangnya paket di jaringan Anda akan memberi tahu Anda apa yang perlu Anda perbaiki:

  • Bandwidth dan kemacetan jaringan : Penyebab utama adalah bandwidth jaringan yang tidak mencukupi. Ini terjadi ketika terlalu banyak perangkat yang mencoba berkomunikasi di jaringan yang sama.
  • Hardware tidak memadai : Masalah dengan perangkat keras apa pun di jaringan yang merutekan paket dapat menyebabkan hilangnya paket. Router, switch, firewall, dan perangkat jaringan lainnya adalah yang paling rentan.
  • Masalah Pada Kabel : packet loss dapat terjadi pada lapisan jaringan fisik. Jika kabel Ethernet rusak, salah kabel, atau terlalu lambat untuk menangani lalu lintas jaringan, kabel akan membocorkan paket.

Cara Mengatasi Packet Loss Pada Jaringan

Untuk menentukan penyebab Packet Loss , mulailah dengan masalah yang paling mudah dideteksi:

1. Periksa Perangkat Koneksi Anda. Periksa koneksi Ethernet antar perangkat. Cari tanda-tanda kerusakan fisik atau salah tembak dan lihat apakah mengganti kabel menyelesaikan masalah.

2. Pastikan Bandwith Tersedia. Apakah ada perangkat keras yang menangani lebih banyak koneksi daripada yang seharusnya? Jika demikian, batasi bandwidth pada router.

3. Ganti Hardware. Tukar perangkat yang berpotensi bermasalah di jaringan untuk melihat apakah kehilangan paket hilang saat perangkat tertentu dihapus.

4. Bug Pada Software. Jika Anda menduga bug perangkat lunak menyebabkan hilangnya paket, satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah melalui patch firmware dari vendor yang memasok perangkat keras. Laporkan bug yang dicurigai saat Anda menemukan masalah ini untuk mendorong vendor memperbaiki masalah tersebut.

Cara Mendeteksi Packet Loss

Beberapa aplikasi dapat mendeteksi packet loss di seluruh jaringan. Ini bekerja dengan mengendus paket dalam beberapa cara, baik dengan menganalisis waktu perjalanan atau melihat isi paket. Cara paling sederhana untuk mengetahui apakah ada packet loss adalah dengan melakukan ping ke perangkat di jaringan:

1. Di Windows, buka Command Prompt dan gunakan perintah ping untuk menargetkan router Anda. Misalnya, jika alamat IP lokal router adalah 127.0.0.1, masukkan ping 127.0.0.1 -t untuk melakukan ping ke router. Di macOS atau Linux, buka jendela Terminal dan masukkan ping 127.0.0.1.

2. Setelah perintah ping memproses jumlah paket yang cukup (setidaknya 10), tekan Ctrl+C atau Command+C untuk menghentikan perintah.

3. Lihat apakah ada paket yang hilang. Jika koneksi spesifik antara perangkat ping dan target berfungsi dengan benar, Anda akan melihat kehilangan paket 0%. Laporannya mungkin terlihat seperti ini:

--- 127.0.0.1 ping statistics ---
27 packets transmitted, 27 packets received, 0.0% packet loss
round-trip min/avg/max/stddev = 1.820/8.351/72.343/14.186 ms

di atas terdeteksi tidak ada paket yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *